Vinaora Nivo SliderVinaora Nivo SliderVinaora Nivo SliderVinaora Nivo SliderVinaora Nivo Slider

pendaftaran

 
Gedung Sekolah milik Yayasan Pendidikan Kesatrian
yang pertama di
Jl. Gajah Mada 123 Semarang

Tragedi Nasional berupa Gerakan 30 September 1965 oleh Partai Komunis Indonesia (G 30 S/PKI) yang gagal telah menyulut emarahan rakyat Indonesia atas pengkhianatan dan kebiadaban yang mereka lakukan terhdap ibu pertiwi Tidak terkecuali rakyat kota Semarang yang mencintai bangsa dan negaranya juga terusik oleh peristiwa kelabu yang menodai sejara panjag perjalanan bangsa yang memegang teguh nilai-nilai luhur Pancasila.

         Murka warga kota Semarang memuncak terhadap gerakan komunisme tersebut menyulut amarah luar biasa yang berubah menjadi sebuah gelombang raksasa semangat menyerang balik semua aset, indivdu, lembaga dan segala sesuatu yang berbau dan berhubungan denga gerakan sesat tersebut.

        Salah satu sasaran amuk masa tersebut adalah gedung sekolah ”INHWA” milik perkumpulan  "Yu Yung Kong Hue” yang luluh lantak dibakar masa. Pasca tragedi nasional tersebut Pemerintah mengambil kebijaksanaan untuk mengambil alih penguasaan trhadap semua gedung/sekolah milik asing (Cina) yang terlibat G 30 S/PKI, tidak terkecuali Sekolah ”INHWA” yang kemudian menjadi Sekolah ”Semarang” dibawah naungan Yayasan Sekolah Semarang.

       Untuk tingkat Koda Semarang kebijakan tersebut didasarkan atas Surat Keputusan Pembantu Pelaksana Kuasa Perang (PEPEKUPER) Kotamadya Semarang nomor : Kep.PPKP/002/3/1966 tanggal  21 Maret 1966.

       Pada tangal 30 April 1967 Yayasan Sekolah Semarang membubarkan diri melalui surat yang dikirimkan KODIM 0733 Kotamadya Semarang selaku Pembantu Pelaksana Kuasa Perang Kotamadya Semarang.

       Sehari setelah Yayasan Sekolah Semarang membubarkan diri, para Kepala Sekolah ”Semarang” masing-masing Soesman (TK/SD), Suharja Sukisno, BA (SMP) dan Oetojo, B.Sc. (SMA) menetapkan perubhan nama Sekolah ”Semarang” menjadi sekolah ”Kesatrian”, dengan harapan sekolah ini dapat melahirkan para satria harapan bangsa, tepatnya pada tanggal 2 Mei 1967. Dengan demikian sudah jelas, bahwa nama ”Kesatrian” lahir sejak hari itu.

       Sehubungan dengan pembubaran Yayasan Pendidikan Semarang, sementra keberadaannya masih sangat dibutuhkan untuk membimbing sekolah-sekolah dibawahnya, maka pada tanggal 11 Mei 1967 Komandan KODIM 0733 Semarang selaku Pembantu Pelaksana Kuasa Peang memerintahkan Pimpinan Sekolah Kesatrian untuk segera membentuk Yayasan Pendidikan Sekolah Kesatrian Semarang lengkap dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.
 
 
Para pendiri Yayasan Pendidikan Kesatrian
 
       Melaksanakan perintah sebagaimana tersebut diatas maka pada tanggal 29 Mei 1967 Soetarto Hadiwinoto, Soesman, Suharjo Sukisno, BA. Dan Oetoj, B.Sc. yang bertindak untuk diri sendiri dan sebagai kuasa lisan dari Letkol Soegiarto, Kapten Suranto Martodiwirjo, Gunawan (Liem Kiem An) dan  Letda Aboe Tries Soedharno menghadap notaris RM. Soeprapto dan mencatatkan Yayasan Pendidikan Kesatrian yang kemudian diperkuat ke dalam sebuah Akte Notaris bernomor 68. Dengan demikian secara yuridis formal Yayasan Pendidikan Kesatrian resmi berdiri terhitung sejak hari itu.


Visit SMA Kesatrian 1

logo sma 1 kesatrian

SMA Kesatrian 1
NSS : 304.03.37.44.123
Alamat : Jl. Pamularsih 116 Semarang
Telepon : (024) 7601201 – 7606150
Fax : 7614260
E-mail : sma_kesatrian_1_semarang @ yahoo.co.id

map sma kesatrian 1